5.29.2011

Bid'ah

sering kita mendengar kata bid'ah mungkin ada yang bertanya-tanya apa sih bid'ah itu..?

Bid'ah adalah hal yg diada adakan setelah wafatnya Rasul saw, Bid'ah terbagi dua, Bid'ah hasanah dan Bid'ah Munkarah. Hadits yg sering mereka sebut itu, adalah ucapan Rasul saw untuk Bid'ah Munkarah (seperti shalat dg bahasa Indonesia dll).

Bid'ah hasanah adalah hal yg diada adakan setelah wafatnya Rasul saw dengan tanpa melanggar syariah, dan dengan tujuan maslahat Muslimin dengan landasan Hadits Rasul saw : "Barangsiapa yg membuat ajaran kebaikan (pahala) dalam islam (tidak melanggar syariah), maka baginya pahalanya, dan barangsiapa yg membuat ajaran buruk (dosa) maka baginya dosanya". (HR Muslim).

Orang yg menafikan Bid'ah hasanah, maka ia menafikan dan membid'ahkan Kitab Al Qur'an, karena tak ada perintah Rasul saw untuk membukukannya dalam satu kitab, dan itu adalah Ijma' shahabiy radhiyallahu'anhum.

Demikian pula Kitab Bukhari, Muslim, dan seluruh kitab hadits., karena pengumpulan hadits Rasul saw dalam satu kitab merupakan Bid?ah hasanah yg tak pernah diperintahkan oleh Rasul saw.

Demikian pula ilmu Nahwu, sharaf, Musthalahulhadits, dan lainnya hingga kita memahami derajat hadits, inipun semua Bid'ah hasanah.

Demikian pula shalat Tarawih berjamaah, demikian pula ucapan Radhiyallahu atas sahabat, tidak pernah diajarkan oleh Rasul saw, tidak pula oleh sahabat, walau itu disebut dalam alqur'an bahwa mereka para sahabat itu diridhoi Allah, namun tak ada dalam Ayat, atau Rasul memerintahkan untuk mengucapkan ucapan itu utk sahabatnya, namun karena kecintaan Tabi'in pada sahabat, maka mereka menambahinya dengan ucapan tersebut. Dan ini merupakan Bid'ah hasanah dengan dalil hadits diatas.

Lalu muncul kini pula Al Qur'an yg di kasetkan, di CD kan, di program di Handphone, diterjemahkan, apa ini semua?, ini semua Bid'ah..!, namun Bid'ah hasanah, maka semakin mudah pula bagi kita untuk mempelajari Al Qur'an, untuk selalu membaca Al Qur'an, untuk menghafal Al Qur'an..dan tidak ada yg memungkirinya termasuk mereka sekte wahabi.

coba kalau Al Qur'an belum dibukukan oleh sahabat, masih bertebaran di tembok tembok, di kulit onta, di hafalan dan sebagian ditulis.., maka akan muncul beribu ribu alqur'an di zaman ini, karena semua orang akan mengumpulkan dan membukukannya, masing masing dg riwayat sendiri dan hancurlah Al Qur'an.. namun dengan adanya Bid'ah hasanah inilah kita masih mengenal Al Qur'an dengan utuh.
Demikian pula berkat Bid'ah hasanah ini pula kita masih bisa mengenal Hadits.
di kutip dari berbagai sumber,semoga bermanfaa'at..

15 comments:

  1. pengikut tolol21 June 2011 at 06:58

    pengikut albaghdadi kok pada tolol ya...??
    "albaghdadi jaminumatnya masuk surga....??masa sih bisa...?? goblok aja itu orang..!

    ReplyDelete
  2. dasar mantan karyawan pabrik aja ngaku2 kiyai....

    ReplyDelete
  3. waalaikum salam... maaf buat yang pake nick "PENGIKUT TOLOL"dan "ANJING" yang saya yakin orang nya sama
    1.kata siapa jamaah Albaghdadi di jamin masuk surga..??? jangan asal jeplak saja kalo bicara...jamaah tidak di ajarkan seperti itu,tidak ada jaminan seseorang masuk surga ataupun neraka kecuali Alloh SWT yang menjamin.
    2.memang Abah sendiri mengaku dulunya nya karyawan pabrik,memang ada laranganya mantan karyawan pabrik jadi ustadz atau kiyai yang mengajak umat berdzikir kepada Alloh..? kalo Taqdir Alloh seperti itu mau apa?
    3wahai saudaraku Abah sudah sering di hujat dan di caci,,kalo anda merasa sakit,mules,atau gak enak hati..datang saja langsung ke BAROKATUL QODIRI,biar sakit anda tidak semakin parah
    wasalam..

    ReplyDelete
  4. membaca komentar dari yang memakai nick "pengikut tolol" dan "anjing" membuat saya semakin yakin dengan apa yang telah diajarkan Abah, sungguh terimakasih Abah telah mengenalkan cinta yang sesungguhnya pada saya,ternyata Sungguh nikmat mencintai Allah, bagi "pengikut Tolol atau anjing" sungguh dengan komentar yang anda sampaikan semakin menunjukkan betapa anda seperti nama nick anda, semoga anda diberi pencerahan dan bisa mengenal makna cinta yang sebenarnya. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cinta Allah untuk seorang Kyai. akan membuat seorang Kyai selalu cukup segalanya di dunia dan di akhirat. Allah SWT tidak akan membuat seorang kyai menjadi penjual pulsa.

      Delete
  5. Ck,, ck,, ck,, gw mmang bkn jamaah al-bagdadi, tp ad baiknya low ga usah sling mengejek,, masing2 aj lah,,,

    ReplyDelete
  6. Luarrr Biasa....!!!! Salam cinta tuk smua jamaah....!!! untuk yang koment kurang enak sy berharap anda bisa bersilatrhm ke pondok ALBAGHDADI di RENGAS DENGKLOK KRWG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minak Djinggo dulu ahhh...

      Delete
  7. horas@
    dg apa abah menjalankan pondok/santinya,, klo bukan dg usaha yg nyata,,
    masa abah mau zikir doang n'tanpa usaha,, "ngawur"
    bagi yg mau beli silakan karna pembeli jga pasti butuh,, klo gk mau beli ya gpp"EMANG DI PAKSA" bodoh lu!!!!!

    ReplyDelete
  8. Yang g senang dateng z breng breng debatin jgn ngomong doang msen blakang dosa...Mlm munggu krengas dengklok..

    ReplyDelete
  9. untuk al-baghdadi lanjutkan mujahadahnya. dengan niat ikhlas karena allah. jangan hiraukan caci maki,,,biarkan anjing menggonggong,AL-BAGHDADI tetap istiqomah dengan dzikir dan manaqibnya. ALLAHUMMANSYUR NAFAHATIRRIDLWAN,WA AMIDDANA BI ASRORIHI FI KULLI WAQTIN WA AAWAN. AMIN YA HANNAN YA MANNAN.

    ReplyDelete
  10. biarkan anjing menggonggong,al-BAGHDADI tetap istiqomah. ALLAHUMMANSYUR NAFAHATIRRIDLWAN,WA AMIDDANA BI ASRORIHI FI KULLI WAQTIN WA AAWAN. AMIN YA HANNAN YA MANNAN.

    ReplyDelete
  11. Qolu bala syahidna

    ReplyDelete

bagi yang mau berkomentar mohon gunakan bahasa yang sopan...